#header-wrapper { width:900px;height:120px;}

Rabu, 27 April 2016

LGBT dalam Penayangan di Televisi

Istilah LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) kini kembali merebak, terdengar dimana-mana,mulai dari media cetak, media elektronik, hingga obrolan di semua lapisan masyarakat.


Maraknya LGBT ini sangat berpengaruh besar terhadap sosial kultural masyarakat, terutama pada penayangan program televisi yang mengarah ke LGBT. Televisi  adalah media elektronik yang di tonton oleh masyarakat luas di semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua dapat melihat penayangan program televisi yang menggambarkan tentang LG BT. Dan hampir setiap keluarga memiliki media elektronik yang satu ini (televisi), sehingga semua anggota keluarga dapat dengan mudah menonton penayangan program televisi yang bermuatan LGBT.
Banyak sekali publik figur yang bergaya LGBT yang ditayangkan dalam program acara televisi. Konten program acara tersebut tidak sedikit akan mempengaruhi  masyarakat tertarik dengan apa yang diperagakan oleh publik figur bergaya LGBT tersebut.
 
Dan inilah tugas Lembaga Sensor Film (LSF) yang bukan sekadar mensensor film-film yang akan diputarkan di bioskop, melainkan juga mensensor acara-acara yang akan ditayangkan di televisi. Tujuannya agar melindungi masyarakat dari kemungkinan berdampak negatif yang terdapat pada acara-acara televisi.

 
Selanjutnya ada pula Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang berfungsi sebagai regulator. Lembaga ini harus mengawasi lembaga penyiaran (televisi) dan program acara agar menyaring konten yang berbau LGBT.
Sebaiknya selain LSF dan KPI, orang tua pun memiliki peranan penting untuk mengawasi anak-anaknya dalam memilih program acara yang ditayangkan, sehingga tidak berdampak negatif seperti melanggar nilai-nilai sosial atau penyimpangan sosial di masyarakat.


Selain itu ada upaya dari masyarakat untuk melindungi keluarga mereka  dari pengaruh negatif penayangan program televisi yang berbau LGBT, yaitu dengan pendekatan keluarga dan agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar