#header-wrapper { width:900px;height:120px;}

Rabu, 11 Januari 2017

Laporan Mendalam 1: Fenomena Beauty Blogger



Pada era modern saat ini, sebuah pekerjaan tidak hanya yang dilakukan di sebuah ruangan, seperti kantor. Profesi yang memanfaatkan kemajuan teknologi, semakin banyak bermunculan. Salah satunya adalah menjadi seorang Blogger. Bahkan, tak jarang juga banyak orang yang sudah bekerja sebagai karyawan, memiliki pekerjaan sampingan sebagai blogger. Blogger merupakan istilah yang diberikan kepada seseorang yang menulis pada platform blog. Blogger pun bermacam-macam, mulai dari food blogger, fashion blogger, dan yang sedang marak saat ini adalah beauty blogger.


Beauty blogger adalah sebutan untuk seorang blogger, di mana dalam blognya banyak memposting tulisan yang berkaitan dengan masalah kecantikan. Tulisan yang mereka post biasanya berupa review dari sebuah produk kecantikan atau tutorial penggunaan make up, yang disertai dengan video.

Tulisan berupa review sebuah produk, biasanya merupakan review tentang produk kecantikan yang sedang menjadi trend. Misalnya, review tentang lipstick, foundation, bb cream dan lain sebagainya. Sementara itu, tulisan yang membahas tentang tutorial penggunaan make up, berisikan tentang bagaiamana langkah-langkah pengaplikasian make up yang akan digunakan pada acara-acara tertentu. Misalnya saja, make up untuk Halloween Party. Pada tulisan ini, seorang beauty blogger akan memasukan sebuah video yang menjelaskan bagaiamana cara pemakaian make upnya secara tepat. Sehingga, para viewers yang menerapkan tutorial itu, akan mendapatkan hasil akhir yang sama dengan  yang dicontohkan beauty blogger.

Selain karena kemajuan teknologi, faktor lain yang menyebabkan semakin banyaknya beauty blogger adalah karena banyak masyarakat yang membutuhkan jasa dari beauty blogger. Jasa tersebut, berupa informasi tentang produk kecantikan. Misalnya saja, masyarakat yang berada di kota besar seperti Jakarta, yang memiliki mobilitas yang tinggi. Mereka cenderung untuk melakukan belanja online, yang tidak memakan waktu banyak. Dengan membaca review produk kecantikan dari seorang beauty blogger, seseorang dapat dengan mudah mengetahui apakah produk yang akan dibeli memiliki kualitas yang baik atau tidak.

Nurul Faradila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar