#header-wrapper { width:900px;height:120px;}

Kamis, 27 April 2017

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak



Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau yang biasa disebut RPTRA adalah sebuah ruang publik yang dapat dinikmati oleh anak-anak. Taman publik ini dibuat karena semakin sempit dan padatnya lahan terbuka yang ada di Ibukota Jakarta, sehingga anak-anak tidak dapat bermain dengan bebas di ruang yang terbuka dan lebih memilih untuk bermain sendiri dengan gadget mereka masing-masing yang kemudian menjadi anti sosial.

Ruang terbuka hijau untuk anak ini sangat bermanfaat untuk anak-anak supaya mereka dapat bermain sekaligus belajar. Fungsi utama RPTRA ini adalah untuk pendidikan anak-anak sekaligus untuk tempat bermain anak. Sehingga dengan adanya ruang publik yang dibuat khusus untuk anak ini dapat memperluas wawasan anak dan meningkatkan sosialisasi dan soliadaritas anak.

Pada masa kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama masyarakat merasa senang dengan dibuatnya Ruang Publik ini karena sangat bermanfaat untuk masyarakat sekitar yang mau memanfaatkannya, terutama untuk anak-anak dan orangtua yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Ada sekitar 180 an Ruang Publik Terpadu Ramah Anak yang telah dibangun oleh Ahok. Dari sekian banyak Taman publik itu ada 3 RPTRA yang cukup menarik, yakni RPTRA Kalijodo yang sangat ramai, RPTRA Cililitan yang sangat tenang karena jauh dari jalan raya dan RPTRA Lenteng Agung yang masih baru akan tetapi sudah cukup ramai dikunjungi.

Terdapat banyak fasilitas yang sudah ada di dalam kawasan taman anak ini. Mulai dari wahana permainan anak-anak, seperti perosotan; ayunan dan jungkat-jungkit, ruang perpustakaan yang layak dengan lumayan banyak buku yang tersedia, ruang laktasi yang cukup baik, ruang PKK Mart untuk membeli makanan atau minuman ringan yang diurus oleh ibu-ibu PKK setempat, ruang pengelola untuk warga setempat yang mengelola, aula yang dapat digunakan untuk umum, toilet yang bersih, serta parkiran yang cukup memadai. Bahkan disalah satu RPTRA yang cukup fenomenal yakni Kalijodo dilengkapi dengan arena bersepeda, arena bermain skateboard, serta ada pasar kaget dan pasar malam di Kalijodo ini. Banyak sekali pedagang yang berjualan di area dekat parkiran dari jalan masuk hingga jalan keluar.

Untuk masuk ke RPTRA tidak dipungut biaya sepeserpun, kecuali membayar parkir di RPTRA Kalijodo karena sangat banyak pengunjung yang membawa kendaraan pribadi sehingga membutuhkan juru parkir untuk menjaga kendaraan tetap aman dan juga jika ingin membeli jajan jajanan pasar yang tersedia di sekitar tempat parkir ataupun membeli makanan ringan  di tempat PKK yang tersedia di dalam taman.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar